Perangkat Keras Komputer

 

 

Komponen penyusun perangkat keras utama dari suatu sistem komputer terdiri dari:

  1. Unit Masukan
  2. Unit Memori
  3. Unit Pusat Pemrosesan
  4. Unit Perhitungan dan Penalaran
  5. Unit Keluaran

A. Unit Masukan

Adalah bagian dari sistem komputer yang bertugas untuk menerima perintah atau data dari luar dan selanjutnya masuk ke dalam komputer, yang terdiri dari berbagai jenis alat yaitu:

  1. Papan Ketik (keyboard) adalah tombol mesin ketik biasa, tombol numerik dan kelompok tombol fungsi. Pada umumnya semua komputer yang sekarang terdapat di pasaran mempunyai keyboard yang terpisah (detachable). Susunan huruf-hurufnya sama dengan susunan pada mesin tik dan lazimnya disebut standar ”QWERTY”, karena jika kita perhatikan kata qwerty adalah urutan dari huruf q sampai dengan y.
  2. Pembaca Kartu (Card Reader)

Digunakan untuk membaca kartu plong (punch card) dengan kecepatan membaca bervariasi, misalnya membaca 300 kartu per menit, 500 kartu per menit dsb. Kelemahan penggunaan kartu plong adalah apabila kartu tersebut sudah berlubang, maka lubang tersebut tidak dapat ditutup lagi dan kartu tersebut tidak dapat dipakai lagi.

  1. Pembaca dengan Cahaya

adalah alat masukan yang bekerja membaca data dengan menggunakan cahaya. Jenis alat-alatnya adalah:

  • OMR (Optical Mark Reader)

Adalah alat masukan yang membaca lembaran-lembaran kertas yang sudah diberi tanda dengan pensil yang ketebalannya cukup dan menggunakan kertas yang mempunyai kualitas tertentu. Biasanya peralatan ini digunakan untuk tes-tes yang menggunakan formulir-formulir tes yang diisi oleh manusia dan dibaca oleh alat ini. Data yang dibaca oleh alat ini diterjemahkan dalam kode-kode tertentu, kemudian ditransfer ke dalam CPU.

  • Pena Cahaya (Light Pen)

Adalah alat yang berbentuk seperti pena yang disambung kabel di belakangnya dan kabel tersebut dihubungkan langsung dengan komputer.

  • Scanner

Adalah alat yang bentuknya mirip dengan OMR dan dipakai untuk membaca sebuah dokumen yang tertulis pada sebuah kertas dengan cara melewatkan kertas tersebut pada alat ini.

 

 

 

 

  1. Pembaca dengan media mekanis
  • Joystik

Adalah alat yang mempunyai tombol seperti sebatang tongkat yang digerakkan sampai 3600 dan dipakai untuk memberikan masukan pada permainan komputer, seperti permainan pertempuran ruang angkasa, permainan maling yang dikejar polisi dan lain-lain.

  • Mouse

Adalah alat kecil yang digenggam dengan telapak tangan untuk mengendalikan sebuah tanda yang biasanya berupa anak panah pada layar komputer dengan cara menggerak-gerakkan di atas meja.

  1. Pembaca dengan Media Suara

Dengan media ini, perintah-perintah diberikan dengan kata-kata dan komputer sudah dapat mengerti.

  1. Pembaca dengan media magnetis
  • Digitizer adalah alat yang digunakan untuk memindahkan gambar dari suatu media ke komputer.
  • MICR (Magnetic Ink Recognition) adalah alat yang membaca tulisan yang ditulis dengan tinta khusus yaitu tinta magnetis. Alat ini dapat membaca data input langsung dari dokumen-dokumen seperti check, invoice dan lain-lain dengan menggunakan tinta-tinta khusus yaitu magnetic ink characters yang diciptakan oleh American Bankers Association. Mesin ini diciptakan khusus untuk digunakan oleh perusahaan-perusahaan terutama Perbankan dalam melayani publik atau para langganannya. Alat ini memungkinkan penyortiran data sesuai dengan yang diinginkan. Pengolahan datanya langsung dikontrol oleh CPU.
  1. Pembaca Khusus

Adalah alat masukan yang dirancang secara khusus untuk fungsi khusus. Sebagai contoh, ATM (Automatic Teller Machine).

 

B. Unit memori

Tahun 1945, memori komputer menggunakan cincin magnetis (magnetic core).

Tahun 1970, komputer sudah menggunakan MOS (Metal Oxide Semi Conductor) sebagai memori, dengan ciri-ciri bentuk lempengannya sangat kecil, kapasitas simpannya sangat besar dan harganya murah.

Memori adalah tempat menampung atau menyimpan data/program yang akan atau telah diolah oleh CPU. Pada umumnya, memori dan storage dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) yaitu ROM, RAM, dan Main Storage.

ROM (Read Only Memory) adalah memori yang isinya dibuat dan ditentukan oleh pabrik dan tidak dapat diubah atau dihapus oleh pemakai komputer, tetapi hanya dapat dibaca. Keuntungan dari ROM adalah bila komputer dimatikan maka isinya tidak hilang dan bila dinyalakan lagi, isinya masih tetap ada dan sama. ROM bersifat Volatile atau permanen. ROM dapat berisi program atau instruksi tertentu misalnya bila komputer dinyalakan maka program tersebut melaksanakan tugas-tugas dalam komputer.

RAM (Random Access Memory) adalah suatu memori yang selain dapat dibaca juga dapat dipakai untuk menulis. Kerugian dari RAM adalah bila listrik dipadamkan atau tiba-tiba padam, maka semua data-data yang berada di RAM akan hilang atau terhapus semua. RAM bersifat Volatile atau permanen. Berdasarkan bahan dasar pembuatan, RAM dikelompokkan dalam 2 (dua) bagian utama yaitu Static RAM dan Dynamic RAM.

Main Storage atau dapat dikatakan storage berguna untuk menyimpan program, data-data yang akan dimasukkan ke komputer atau data hasil pengolahan CPU. Pada umumnya, bentuk dari storage berupa disk dan tape.

 

C. Unit Pusat Pemrosesan

Alat yang dipakai pada unit pusat pemrosesan adalah CPU (Central Proccessing Unit) atau disebut prosesor. CPU adalah inti atau otak sebuah komputer. Prosesor dapat dibedakan dari perbedaan jumlah data busnya. Misalnya ada prosesor 8 bit, ini berarti prosesor tersebut memiliki 8 data bus.

CPU mengontrol semua kegiatan di dalam komputer termasuk melaksanakan semua instruksi-instruksi yang diberikan kepadanya. CPU terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu:

  1. Arithmethic & Logical Unit (ALU) adalah bagian yang melaksanakan pekerjaan seperti perhitungan-perhitungan, pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data, penyusunan data, dsb.
  2. Control Unit/Section adalah bagian yang bertugas untuk mengontrol dan mengkoordinir keseluruhan sistem komputer dalam melakukan pengolahan data.

 

 

 

 

D. Unit Perhitungan dan Penalaran

Unit ini dilakukan oleh Arithmethic & Logical Unit (ALU) yang melaksanakan pengolahan data secara fisik yaitu, penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian juga logical operations. Dalam pelaksanaan pengolahan, maka ALU membagi jenis operasi dalam 4 (empat) jenis yaitu:

  1. Decimal Arithmetic (biasanya dihubungkan dengan aplikasi bisnis)
  2. Fixed-point Arithmetic (dihubungkan dengan aplikasi ilmiah)
  3. Floating-point Arithmetic (dihubungkan dengan aplikasi ilmiah)
  4. Logical-Operations

E. Unit Keluaran

Adalah unit yang bertugas untuk mengeluarkan hasil-hasil olahan dari komputer ke media yang dapat dibaca oleh orang.

Jenis Unit Keluaran adalah:

  1. Layar Tampilan adalah alat keluaran yang dapat menampilkan hasil olahan komputer dengan cepat dan diatur dengan warna yang menarik. Keuntungan Layar Tampilan adalah:
  • Tidak dibutuhkannya media yang hanya sekali pakai
  • Dapat menggambar berbagai macam karakter, berbagai   macam gambar dan dapat untuk membuat permainan komputer
  • Pencetak Matrik Titik (Dot Matrix Printer) adalah pencetak yang digunakan untuk menggambar huruf-huruf dengan menggunakan metode kombinasi titik-titik yang berbentuk matrik. Keuntungan pencetak matrik adalah:
  1. Pencetak (printer)

-    mencetak huruf dengan bermacam-macam variasi

-    menggambar bermacam-macam bentuk

Kerugian pencetak ini adalah kualitas hurufnya tidak terlalu bagus

Ciri-ciri pencetak ini adalah:

-    lebar 80 kolom huruf standar atau 132 kolom

-    kecepatannya bervariasi ada yang 200 KPD (karakter per detik) dan 60 KPD

  • Pencetak roda putar (Daisy Wheel Printer)

Keuntungan pencetak ini adalah

-    Tulisan yang dihasilkan bagus dan tajam

-    Kualitas sama dengan mesin ketik elektrik biasa

Kerugiannya yaitu variasi hasil cetakan terbatas tergantung dengan variasi huruf yang terdapat pada roda putar.

  • Pencetak baris (line printer) adalah pencetak yang mempunyai tinggi, berkisar antara 500 KPD sampai dengan 3000 KPD yang bekerja dengan menggunakan pita baja yang mempunyai mata cetak.
  • Pencetak Laser (Laser Printer) adalah pencetak dengan kecepatan kerja yang sangat tinggi  sampai mencapai 10.000 KPD yang sistem penulisannya dengan menggunakan sinar laser. Keuntungan pencetak ini adalah:

-    kualitas hurufnya bagus

-    dapat mencetak berbagai macam jenis gambar dengan kualitas yang bagus

  • Mesin Ketik Listrik biasa

Kerugiannya cara kerjanya lambat

  • Letter Quality adalah printer yang dapat mencetak dengan kualitas seperti mesin tik listrik, jadi tulisannya padat dan jelas.

Kelemahannya adalah:

-    kecepatan mencetak sangat rendah, dengan kecepatan rata-rata antara 18 hingga 80 karakter per detik

-    tidak dapat mencetak grafik

  • Thermal Printer. Kualitas printer ini sama dengan dot matrix printer karena prinsip dan cara mencetaknya sama, hanya saja thermal printer menggunakan panas bukan tekanan atau impact. Keuntungan dari printer ini adalah

-                                                                                                    suaranya lebih tenang

-    mempunyai kecepatan tinggi yaitu 6 halaman per menit Kelemahannya adalah harus menggunakan kertas khusus, sekalipun model yang baru telah menggunakan kertas biasa.

  • Ink Jet Printer. Berbeda dengan printer yang sebelumnya yang menggunakan pita karbon dan dot matrix yang menekan titik-titik pada kertas, maka ink jet printer menggunakan tinta untuk titik-titik tersebut, kemudian ”penyemprotannya” diatur dengan muatan listrik, sehingga tinta yang mencetak pada kertas sesuai dengan huruf atau gambar yang telah ditentukan. Keuntungan dari printer ini adalah

-    suara lebih tenang

-    mempunyai kecepatan tinggi yaitu sampai dengan 270 cps

-    dilengkapi dengan tinta berwarna sehingga dapat menghasilkan grafik maupun peta-peta yang berwarna-warni

-    memiliki gambar yang warnanya tidak mudah pudar

Kelemahannya adalah harus menggunakan kertas khusus, sehingga cetakan harus kering sebelum warna lain menimpanya.

  1. Penggambar (Plotter) adalah alat keluaran yang menghasilkan gambar dengan garis kontinu dan beraneka warna yang digunakan untuk menampilkan grafik, diagram dan lain-lain. Perbedaannya dengan printer adalah pada printer, hasil gambarnya terdiri dari titik-titik (terputus-putus tetapi menyambung) dengan menggunakan sistem digital. Sedangkan plotter menggambar dengan menggunakan sistem analog yaitu garis yang bersambung. Contoh plotter grafik yang berupa analog adalah ECG yaitu Electro Cardiograph (alat yang digunakan untuk mengetahui potensial dari denyutan jantung) atau jarum seismograph yang mencatat getaran bumi.

 

Selain kelima komponen pokok tersebut, masih ada perangkat keras bantu komputer yang terdiri dari perangkat keras penyimpan dan perangkat keras untuk komunikasi data.

Manfaat perangkat keras bantu komputer adalah sebagai media kerja dan sebagai penyimpan.

Jenis-jenis perangkat keras bantu adalah:

  1. Cakram magnetis yang terdiri dari cakram lentur, cakram tetap dan cakram kaku yang dapat diambil. Keunggulan cakram ini adalah dapat dibaca langsung dan mempunyai kapasitas besar

Kerugiannya adalah biayanya lebih mahal daripada pita magnetis untuk kapasitas simpan yang sama.

  1. Pita magnetis adalah alat yang digunakan untuk menyimpan arsip-arsip yang harus disimpan untuk waktu yang lama atau untuk mengirim data dari suatu tempat ke tempat yang lain. Keuntungan pita magnetis adalah kapasitas simpan yang besar, harga murah dan mudah untuk dibawa. Kerugiannya adalah tidak dapat dibaca secara akses langsung sehingga tidak tepat kalau dipakai sebagai media kerja.
  2. Unit bantu yang lain yaitu drum magnetis, cakram optis dan lain-lain.

 

 

 

Sumber:

-    J Longkutoy John, 1986, Pengenalan Komputer, PT. Mutiara Sumber Widya Offset, Jakarta.

-    Soen I Siauw, 1987, Belajar Sendiri Personal Computer, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

-    Drs. Daryanto, 2003, Pengetahuan Dasar Ilmu Komputer, Yrama Widya, Bandung.

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s